Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin)

Authors

  • Ferra Nurdianti Rostiyana Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Achmad Sanusi Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Yosal Iriantara Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.432

Abstract

Tujuan secara umum penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai pengelolaan laboratorium di MTs Negeri 1 Garut dan MTs Cilawu Nurul Amin. Tujuan secara khusus penelitian ini ingin mendeskripsikan tentang; (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Pelaksanaan, (4) Pengawasan dan (5) Faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam pengelolaan laboratorium IPA  untuk meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik di MTs Negeri 1 dan MTs Nurul Amin Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka bidang sarana prasarana. Koordinator laboratorium dan Guru mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kesimpulan menunjukan bahwa Pengelolaan laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Garut dan MTs Cilawu sudah memadai dan dilaksanakan dengan baik. Semua tahap pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan telah dilaksanakan. Ini menunjukan bahwa Kepala madrasah, wakil sarana prasarana, koordinator laboratorium IPA dan Guru IPA telah melakukan tugasnya sebagai pengelola laboratorium IPA dengan optimal, walaupun masih menghadapi berbagai kendala seperti minimnya pendanaan terhadap laboratorium IPA.

Published

2022-02-02

How to Cite

Rostiyana, F. N., Sanusi, A. ., & Iriantara, Y. (2022). Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 435-443. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.432