Penerapan Metode Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin

Authors

  • Vina Anjeli Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Lily Thamrin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Bun Yan Khiong Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4326

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran bahasa mandarin terhadap siswa kelas 5 SD Swasta Bina Bhakti dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode reward dan punishment terhadap peningkatan nilai siswa kelas 5 SD Swasta Bina Bhakti. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, metode tes dan pengamatan. Setelah menerapkan metode reward dan punishment, hasil dari pengamatan kegiatan belajar siswa saat pembelajaran pertama diperoleh 74.5%, lalu pembelajaran kedua diperoleh 95.7%. Nilai rata-rata pada pretest adalah 50.8, nilai rata-rata pada posttest adalah 84. Pemilihan metode reward dan punishment ini bisa dikatakan tepat karena peserta didik lebih aktif pada saat di kelas dan mendengarkan pelajaran dengan sungguh-sungguh serta tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi karena ingin mendapatkan reward dan menghindari punishment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode reward dan punishment mampu meningkatkan motivasi siswa kelas 5 SD Swasta Bina Bhakti.

Published

2024-06-08

How to Cite

Anjeli, V. ., Thamrin, L. ., & Khiong, B. Y. . (2024). Penerapan Metode Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6085-6090. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4326