Kajian Kritis terhadap Epistemologi Ilmu: Konsep Hypothetic-Deductive, Verifikasi dan Falsifikasi

Authors

  • Andi Saefulloh Anwar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Nanat Fatah Natsir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Erni Haryanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.436

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kajian kritis terhadap epistemologi ilmu: konsep hypothetic-deductive, verifikasi, dan falsifikasi. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa epistemologi adalah pengetahuan sistematik mengenai pengetahuan yang merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas tentang terjadinya pengetahuan, sumber pengetahuan, asal mula pengetahuan, metode atau cara memperoleh pengetahuan, validitas dan kebenaran pengetahuan, untuk memperoleh pengetahuan yang benar maka kriterianya harus berdasarkan logico, hypotetico dan verifikasi. Hypothetico-Deductive adalah suatu metode yang melibatkan pengujian hipotesis dimana hipotesis tersebut dideduksi dari hipotesis lain yang tingkat abstraksinya atau perumusan konseptualnya lebih tinggi. Setelah mengajukan hipotesis maka tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi sebagai pembuktian kebenaran secara empiris. Namun Popper berpendapat bahwa kebenaran suatu ilmu bukan ditentukan melalui pembenaran (verifikasi), melainkan melalui upaya penyangkalan terhadap proposisi yang dibangun oleh ilmu itu sendiri (falsifikasi).

Published

2022-02-01

How to Cite

Anwar, A. S., Natsir, N. F. ., & Haryanti, E. . (2022). Kajian Kritis terhadap Epistemologi Ilmu: Konsep Hypothetic-Deductive, Verifikasi dan Falsifikasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 387-394. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.436