Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilongok

Authors

  • Akhmad Fauzan Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.4361

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Metode mind mapping adalah metode pembelajaran dengan cara menuliskan konsep penting dalam suatu peta pikiran sehingga akan mudah dipahami. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif, menggunakan Quasi Experiment Design, dengan desain penelitian posttest- Only Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yang dipilih secara kluster random dan diperoleh SD Negeri 1 Sambirata sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan SD Negeri Panambangan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan Uji- t dua sample independent. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode Mind Mapping dalam pembelajaran Matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan Komunikasi Siswa 2) Pembelajaran dengan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Published

2024-11-01

How to Cite

Fauzan, A. (2024). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilongok. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12435-12440. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.4361