Pembelajaran Vokasional Pembuatan Guiding Block Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLBN Tanggamus

Authors

  • Priyantoro Luckyto Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Ratna Tri Utami Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Genesa Vernanda Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4397

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai program vokasional pembuatan vokasional pembuatan guiding block pada peserta didik tunagrahita kelas XI di SLBN Tanggamus. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas XI. Peserta didik sudah cukup baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan sudah mampu membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran vokasional pembuatan guiding block terdiri dari 3 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan dengan penyusunan prota (program tahunan) modul ajar. Dalam pelaksanaannya, metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Evaluasi dilakukan dengan melalui penilaian secara objektif terhadap kemampuan peserta didik dalam mengenal alat dan bahan, membuat adonan guiding block hingga menjadi produk siap distribusi sesuai dengan prosedur yang diajarkan oleh guru. Ditemukan seorang peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembuatan guiding block, fator penyebabnya adalah kesulitan dalam mengingat prosedur, percaya diri yang rendah dan kurangnya konsentrasi saat pembelajaran. Namun demikian, peserta didik lainnya mampu melaksanakan prosedur pebuatan guiding block dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik tunagrahita sudah cukup mandiri dengan sedikit bimbingan guru dalam membuat guiding block, hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam mengikuti prosedur pembuatan guiding block maupun mengelola alat dan bahan yang digunakan dan menghasilkan produk guiding block yang tidak retak. Dengan memberikan keterampilan vokasional pembuatan guiding block diharapkan peserta didik mampu mengembangkan keterampilan tersebut sebagai bekal di dunia kerja.

Published

2024-06-01

How to Cite

Luckyto, P., Utami, R. T. ., & Vernanda, G. . (2024). Pembelajaran Vokasional Pembuatan Guiding Block Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLBN Tanggamus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5566-5574. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4397