PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT)

PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena (1) dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami soal cerita, hal ini dibuktikan dengan hasil ulangan yang di bawah KKM; (2) guru menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya berperan sebagai pendengar; (3) penilaian hanya berdasarkan tes tulis saja, dalam hal ini siswa lebih mementingkan nilai yang baik daripada usaha yang dilakukan untuk mengerti dan memahami konsep matematika. Masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran di kelas VI SDN 23 Woja Dompu ? (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran di kelas VI SDN 23 Woja Dompu ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 2 Mei 2018 hingga 21 Mei 2018 di kelas VI SDN 23 Woja Dompu. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, observsi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, aktivitas belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat yaitu dari 76,09% menjadi 85,99%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini juga meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klasikal, yaitu 60,71% dari siklus 1 menjadi 89,28% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Published

2019-03-11

How to Cite

JIIP, R. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT): PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 195-204. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/43