Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memaparkan adanya kesenjangan dan kondisi pembelajaran terutama rendahnya hasil belajar peserta didik yang di sebabkan kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran sebagai penggunaan metode kooperatif tipe STAD. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, penelitian kelas V dengan jumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari foto dan instrument yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan. Hasil awal penelitian ini untuk pra siklus menunjukkan bahwa ada hasil belajar IPS kelas V dengan nilai KKM sebesar 75. Hasil belajar siswa pada siklus I pada pertemuan pertama 13 siswa yang mencapai nilai KKM dalam presentase hanya sebesar 39,39%. Dilanjutkan pertemuan pertemuan kedua siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 15 orang dengan presentase 45,45%. Selanjutnya pada pertemuan ketiga hasil belajar siswa kembali mengalami kenaikan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 19 siswa dengan presentase 57,57%. Dalam siklus II yang terdiri dari tiga pertemuan, pada pertemuan pertama siswa yang mencapai nilai KKM ada 23 siswa dengan presentase 69,69%. Dilanjutkan dengan pertemuan kedua ada sebanyak 26 siswa yang tuntas dengan presentase sebanyak 78,78%. Karena belum mencapai 80% keberhasilan siswa, maka dilanjutkan lagi pertemuan ketiga. Terjadi lonjakan yang sangat signifikan di pertemuan ketiga ini, sebanyak 31 siswa mencapai nilai KKM dengan presentase 93,93%. Dengan demikina dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe STAD ternyata untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan mampu memperoleh II siklus.