Analisis Nilai Kebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Shinta Kusniawati Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu terkait Nilai kebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap pembentukan karakter siswa yang ada di UPT SD Negeri 49 Gresik, peneliti ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu mendeskriptifkan proses kegiatan P5 yang ada di UPT SD Negeri 49 Gresik dan juga nilai karakter apa saja yang terkandung di dalam kegiatan tersebut, dengan menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara dan juga dokumentasi, pada tahapan analisi data peneliti menggunakan tehnik analsisi data dari miles and huberman, dengan langkah-langkah redaksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pada hasil penelitian kali ini peneliti menemukan bahwa dengan adanya nilai kebhinekaan sangat membentuk siswa dalam mewujudkan karakter nya yang baik. Adanya keberagaman tersebut tidak menutup pertemanan bagi para siswa di UPT SD Negeri 49 Gresik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa nilai kebhinekaan global sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa yang baik. Mampu menjunjung tinggi nilai toleransi. Menerapkan Bhineka Tunggal Ika di sekolah tidak hanya menciptakan hubungan pertemanan yang nyaman, tetapi juga menjadi ajang pendidikan toleransi. Siswa akan belajar menghormati perbedaan dan memahami bahwa keberagaman adalah kekayaan bukan suatu ancaman.

Published

2024-05-03

How to Cite

Kusniawati, S. ., & Asari, S. . (2024). Analisis Nilai Kebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5013-5019. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4419