Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia dalam Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Tk Islam El-Qalam Pamulang

Authors

  • Nurhakimah Nurhakimah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Dimyati Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Syahida Rena Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.442

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi oleh nilai agama dan moral yang masih rendah, kurangnya kemampuan anak dalam berkata-kata baik dan berperilaku sopan pada anak usia dini dan pendidikan tidak sesuai dengan fitrahnya di lingkungan TK Islam El-Qalam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan fitrah manusia dalam penanaman nilai-nilai Agama dan Moral Islam pada anak usia dini dan bagaimana kesesuaian pendidikan fitrah manusia manusia dalam penanaman nilai-nilai Agama dan Moral Islam pada anak usia dini di TK El-Qalam Pamulang. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan pene-litian. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemetasi nilai agama dan moral pada peserta didik TK Islam El-Qalam Pamulang sudah dilakukan pada setiap kegiatan dari awal pembelajaran. Pembelajaran inti sampai akhir pembelajaran yang dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan, pengulangan, pelatihan dan motivasi.

Published

2022-02-03

How to Cite

Nurhakimah, N., Dimyati, A., & Rena, S. (2022). Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia dalam Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Tk Islam El-Qalam Pamulang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 492-498. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.442