Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM di Prodi Pendidikan Geografi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.4434Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar digital dan respon mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Jenis data terdiri dari kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik instrumen penelitian dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji coba produk pengembangan dilakukan pada seluruh mahasiswa S1 pendidikan geografi angkatan 2022 di kelas A yang memprogram mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Hasil pengembangan bahan ajar digital memperoleh rata-rata sebesar 92,4%; dari validator materi memperoleh nilai 91,7%, validator bahasa memperoleh nilai 93,75%, validator design pembelajaran memperoleh nilai 91,7%. Sedangkan respon mahasiswa dengan menggunakan 15 indikator mendapatkan total nilai 2.528 dengan katagori sangat baik. Tanggapan mahasiswa terhadap buku ajar digital dengan hasil baik dengan beberapa saran yang bersifat positif maupun negative, diantaranya untuk kedepannya perlu penambahan materi agar lebih lengkap.