Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah

Authors

  • Ani Apiyani IAI Agus Salim Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.445

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kajian terhadap implementasi pendidikan karakter di Madrasah. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Islam pendidikan tidak hanya proses menstransfer ilmu dari guru kepada murid. Pendidikan dalam Islam juga diiringi dengan upaya keteladanan (qudwah) dari pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu, upaya melahirkan seorang yang berilmu, berkarakter, beradab, dan berakhlak mulia adalah bagian dari pendidikan. Madrasah sebagai lembaga pendidikan harus melaksanakan pengembangan karakter terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya Madrasah. Guru dan Madrasah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter dalam Kurikulum, Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang sudah ada. Prinsip pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa mengusahakan agar peserta didik mengenal dan menerima nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai milik mereka dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya melalui tahapan mengenal pilihan, menilai pilihan, menentukan pendirian, dan selanjutnya menjadikan suatu nilai sesuai dengan keyakinan diri.

Published

2022-02-03

How to Cite

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 505-511. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.445