Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Ira Ami Maharani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4472

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kemampuan dalam memahami isi suatu bacaan dikatakan masih rendah, dikarenakan pelaksanaan pembelajaran yang kurang berinovasi. Pelaksanaan pembelajaran masih belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan memperhatikan tingkat kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh yang signifikan terhadap peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan buku cerita digital dalam meningkatkan kemampuan membaca. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif pre- experimental jenis One-Grup Pretest Posttest design. Teknik penelitian menggunakan soal pretest-posttest dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Penelitian ini telah dilaksanakan sesuai dengan indikator kemampuan membaca. Yang artinya kemampuan membaca peserta didik dapat meningkat setelah diberikan sebuah perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh telah menunjukkan adanya pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantuan buku cerita digital dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kenongo 1.

Published

2024-06-01

How to Cite

Maharani, I. A. ., & Liansari, V. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5284-5290. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4472