Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Keterampilan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4474Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain faktorial 2x2. Sample penelitian ini adalah siswa kelas V di suatu sekolah negeri di Kabupaten Batu Bara yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket kemampuan berpikir kreatif secara tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data meliputi: (1) uji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal (2) uji normalitas dan homogenitas varians dari kedua kelompok, (3) analisis Anava Dua Jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian ini adalah (1) hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 5,534 > Ftabel sebesar 3,009 pada taraf signifikansi 5% sehingga pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika adalah signifikan. (2) hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 91,814 > Ftabel sebesar 3,009 pada taraf signifikansi 5% sehingga pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika adalah signifikan. (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan hasil uji ANAVA AxB diketahui bahwa fh = 4,21 dan nilai sig. 0,016 dengan dk (54) pada taraf = 0,05.