Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi

Authors

  • Agam Muhammad Rizki Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Zulkifly Lessy Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan konsep pendidikan Islam dalam perspektif Hadis Tarbawi secara umum, pengenalan hadits tarbawi dan perspektif hadits tarbawi dalam pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi terkait ajaran Hadis Tarbawi dalam konteks pendidikan Islam. Hasil studi ini mengungkapkan bahwa Hadis Tarbawi mengandung nilai-nilai moral dan etika yang mendalam serta memberikan pedoman yang relevan untuk pembentukan karakter dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perspektif Hadis Tarbawi, pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk individu yang berakhlak mulia, memiliki kejujuran, kesabaran, dan menghormati sesama. Selain itu, Hadis Tarbawi juga menekankan pentingnya pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada generasi muda. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi ajaran Hadis Tarbawi dalam kurikulum pendidikan Islam untuk membangun karakter yang kuat pada siswa. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya pemahaman tentang pendidikan Islam berdasarkan ajaran Hadis Tarbawi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan metode dan strategi pendidikan Islam yang lebih efektif, terutama dalam membentuk generasi yang memiliki moralitas dan akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Published

2024-06-01

How to Cite

Rizki, A. M. ., & Lessy, Z. . (2024). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5298-5302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476