Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Pecuk Mijen Demak pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Indah Farah Dina Solekah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Erik Aditia Ismaya Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.448

Abstract

Persoalan yang dikaji pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dalam memotivasi anak pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pola asuh orang tua di Desa Pecuk Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yaitu menggunakan pola asuh demokratis, pola asuh permitif, dan pola asuh otoriter. Pengaruh Pola asuh terhadap motivasi belajar anak di Desa Pecuk Kecamatan Mijen Kabupaten Demak menunjukan bahwa orang tua memberikan pengasuhan yang baik sesuai dengan perkembangan anak dapat memberikan peranan penting terhadap motivasi belajar.

Published

2022-02-04

How to Cite

Solekah, I. F. D., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2022). Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Pecuk Mijen Demak pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 541-545. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.448