PENGARUH TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMEMPUAN MENULIS CERPEN SISWA SD NEGERI 7 WOJA

TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah teknik pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa secara penuh untuk memecahkan masalah yang dikaitkan dengan situasi kehidupan yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis cerpen matapelajaran Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 7 Woja Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 7 Woja dengan sampel 24 kelas eksperimen dan 24 kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan Uji-t pada kemampuan menulis cerpen diperoleh thitung = 0,254 < ttabel = 1,678 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa SD Negeri 7 Woja tahun pembelajaran 2016/2017 sehingga hipotesis ditolak.

Published

2019-03-11

How to Cite

JIIP, R. (2019). PENGARUH TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMEMPUAN MENULIS CERPEN SISWA SD NEGERI 7 WOJA: TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 205-210. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/44