Strategi Komunikasi Pemasaran PT PLN (Persero) ULP Daya dalam Meningkatkan Penjualan Tenaga Listrik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4503Abstract
Melihat pentingnya listrik bagi segala aktivitas kehidupan masyarakat membuat masyarakat juga harus berhati-hati dalam menggunakannya. Salah satu pelanggaran yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi dilapangan yaitu adanya masyarakat yang memasang MCB tidak sesuai dengan kapasitas listrik yang mereka miliki. Salah satu cara dalam menanganinya adalah dengan meningkatkan daya listrik. Namun, karena tingginya biaya tambah daya membuat hal tersebut menjadi kendala masyarakat untuk melakukannya. Sehingga tidak jarang cara-cara curang dilakukan karena kemampuan ekonomi yang kurang. Beragam strategi marketing dan solusi dilakukan oleh pihak PLN seperti dengan diadakannya promo dibulan-bulan tertentu menjadi salah satu solusi dalam menangani masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran PT PLN (Persero) ULP Daya dalam meningkatkan penjualan tenaga listrik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesan komunikasi listrik prabayar kepada masyarakat melalui sosialisasi secara langsung, media sosial dan brosur terbilang signifikan. Strategi komunikasi pemasaran listrik prabayar telah direncanakan mulai dari distribusi dan informasi pemasaran secara sistematis ini sebagai upaya untuk mengontrol dan mengelolah citra serta publisitas dari pelanggan dan calon pelanggan. Secara keseluruhan jika komunikasi pemasaran yang dilakukan berjalan lancar maka penerimaan masyarakat akan produk yang ditawarkan juga akan positif seperti yang terjadi pada peningkatan penjualan listrik prabayar PT PLN ULP Daya.