Asesmen Autentik pada Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Ni'matul Fitriyah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Eddy Sutadji Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4512

Abstract

Asesmen autentik merupakan pendekatan penilaian yang dirancang untuk menilai pengetahuan dan keterampilan siswa dalam konteks yang serupa dengan situasi dunia nyata. Dalam mengimplementasikan asesmen autentik pada pembelajaran seni budaya guru harus mampu menyusun perangkat asesmen secara komperhensif yang mampu menilai kemampuan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran seni budaya di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informasi secara menyeluruh dihimpun melalui berbagai prosedur pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru Sekolah dasar yang menerapkan kurikulum merdeka pada proses pembelajarannya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak QDA Miner, yaitu sebuah aplikasi yang berguna dalam mengelola dan menganalisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen autentik memainkan peran krusial dalam mengukur kompetensi siswa secara menyeluruh, dengan fokus pada kreativitas, inovasi, dan proses kreatif. Selain itu, ditemukan bahwa asesmen autentik tidak hanya menilai hasil akhir karya seni tetapi juga menghargai proses pencapaian tersebut, memfasilitasi pembelajaran yang lebih reflektif dan interaktif.

Published

2024-06-01

How to Cite

Siti Ni’matul Fitriyah, Sutadji, E., Dewi, R. S. I., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Asesmen Autentik pada Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5587-5593. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4512