Efektivitas Penggunaan Kitab Al-‘Arabiya Baina Yadaik Jilid 1 dalam Penguasaan Mufradat Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4525Abstract
Kitab Al-‘Ar?biya Baina Yadaik merupakan salah satu kitab yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Kelebihan yang terdapat pada kitab ini memudahkan para pelajar non-Arab dalam membaca dan memahami isinya serta materi disampaikan dalam berbagai bentuk seperti tabel dan gambar. Pembelajaran bahasa Arab memiliki pondasi utama yang harus diperhatikan, yaitu penguasaan mufradat. Semakin banyak perbendaharaan mufradat dan semakin tinggi penguasaan mufradat seseorang dapat membantunya untuk memahami bahasa Arab dengan baik. Penelitian yang dilakukan di SDIT Insantama Bandung pada kelas V bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan kitab Al-‘Ar?biya Baina Yadaik jilid 1 dalam penguasaan mufradat siswa kelas V. Pada penelitian ini digunakan pendekatan metode kuantitatif yaitu Pre-Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang berupa pretest dan posttest dan non tes berupa observasi. Temuan dari penelitian ini yaitu kitab Al-‘Ar?biya Baina Yadaik jilid 1 memberikan pengaruh terhadap kemampuan penguasaan mufradat siswa dengan tingkat efektivitas medium, dengan hasil skor N-Gain sebesar 0.5343.