Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.453Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang kajian terhadap implementasi manajemen humas dalam meningkatkan mutu madrasah. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa humas merupakan segenap kegiatan dan teknik/kiat yang digunakan organisasi atau individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan aktivitasnya, dalam penelitian ini akan dibahas tentang fungsi manajemen humas, perencanaan manajemen humas, tujuan humas di lembaga, tugas pokok humas, pelaksanaan humas di lembaga pendidikan, dan mutu madrasah. Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh, disertai pembinaan secara berkelanjutan untuk mendapatkan simpati dari masyarakat pada umumnya, dan khususnya masyarakat yang berkepentingan langsung dengan sekolah. Simpati masyarakat akan tumbuh melalui upaya-upaya sekolah dalam menjalin hubungan secara intensif dan proaktif di samping membangun citra lembaga yang baik.