Evaluasi Kinerja Guru Informatika dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4545Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengajaran dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dalam kerangka kurikulum mandiri. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan pedoman tertulis sebagai instrumen penelitian. Validitas data dijamin melalui teknik triangulasi. Temuan menunjukkan praktik pengajaran yang memuaskan dan terorganisir, termasuk perencanaan kurikulum, persiapan materi, dan pemilihan metode pengajaran dan media yang sesuai dengan standar kurikulum mandiri dan modul yang ada. Namun, tantangan tetap ada dalam pelaksanaan pengajaran, terutama terkait dengan keahlian pendidik ilmu komputer, di mana banyak dari mereka kurang memiliki pelatihan formal dalam bidang tersebut. Selain itu, status baru ilmu komputer dalam kurikulum mandiri menuntut penyesuaian yang berkelanjutan. Sebagai kesimpulan, perbaikan pembelajaran diperlukan, termasuk pelatihan pendidik, pengembangan keterampilan, integrasi teknologi, dan strategi pedagogis. Langkah-langkah ini bertujuan untuk membekali pendidik dengan kompetensi yang diperlukan untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan pendidikan ilmu komputer di lingkungan sekolah.