Pengaruh Kompetensi Profesional terhadap Pendidikan Inklusi (Studi Assosiatif Kausal di Raudhatul Athfal Provinsi Jawa Barat Tahun 2024)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4561Abstract
Pendidikan inklusi di Raudhatul Athfal merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dapat mengakses Pendidikan yang berkualitas. Dalam konteks ini, kompetensi professional menjadi faktor krusial yang dapat mempengaruhi Pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kompetensi professional terhadap Pendidikan inklusi di Raudhatul Athal Kecamatan Klari. Metode kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Responden penelitian melibatkan guru-guru yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Pendidikan inklusi di Raudhatul Athfal. Hasil analisis data menunjukan bahwa kompetensi professional guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas Pendidikan inklusi. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan profesionalisme guru Raudhatul Athfal, dengan menekankan perlunya peningkatan kompetensi khusus dalam Pendidikan inklusi. Penyelenggaraan pelatihan dan pembinaan rutin dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kompetensi professional dan memastikan bahwa pengalaman mengajar dapat diterapkan secara optimal dalam konteks Pendidikan inklusi. Dengan demikian, peningkatan kualitas Pendidikan inklusi di Raudhatul Athfal dapat diwujudkan melalui perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan kompetensi para guru.