Manajemen Pembinaan Peserta Didik Berbasis Religius Studi Kasus di MTSN Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4563Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan pembinaan peserta didik berbasis religius di MTSN Kota Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan pembinaan peserta didik studi kasus di MTSN Kota Batu yaitu menyusun rancangan program, menganalisis dengan melihat dampak positif dan negatifnya, membagi tugas, membuat program yang sudah pasti, mengusulkan kepada kepala sekolah. Nilai-nilai religius yaitu do’a bersama, kedisiplinan dengan datang tepat waktu saat rapat, kejujuran pada saat berargumen. 2) pelaksanaan pembinaan peserta didik studi kasus di MTSN Kota Batu yaitu peserta didik mengikuti sesuai jadwal yang telah dibuat, Kegiatan religius peserta didik yaitu hafalan surat pendek, sholat dhuha, ngaji sebelum jam pelajaran, membaca asmaul husna, sholat dhuhur, membaca sholawat, sholat ashar berjamaah, 3) evaluasi pembinaan peserta didik studi kasus di MTSN Kota Batu yaitu melihat hasil tugas peserta didik, melihat hasil ulangan harian, melihat ulangan tengah semester, melihat ulangan akhir semester, melihat nilai raport peserta didik, melihat prestasi peserta didik. 4) perbaikan pembinaan peserta didik studi kasus di MTSN Kota Batu yaitu mengidentifikasi hasil laporan kegiatan, jika ternyata tujuan program belum tercapai, maka program intrakurikuler dan ekstrakurikuler perlu dirancang kembali untuk memperbaiki program berikutnya, pemantapan program, jika program yang telah berjalan dapat dilaksanakan sesuai yang telah direncanakan. penyusunan program ekstrakurikuler dan intrakurikuler untuk tahun berikutnya.