Peranan Model Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar pada MI Darul Falah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4572Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas tertentu di MI Darul Falah yang mengikuti pembelajaran menggunakan mode interaktif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan temuan utama terkait peran model pembelajaran interaktif terhadap motivasi siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa MI Darul Falah. Interaksi aktif antara guru dan siswa serta penggunaan berbagai sumber belajar meningkatkan minat belajar dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MI Darul Falah dan mendorong pengembangan model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya guru menggunakan teknologi interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pengajaran.