Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Kertabumi Recycling Center dalam Mengelola Sampah Sebagai Upaya Pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) Tujuan Ke 12 Dan 13

Authors

  • Zulfa Insyirah Salsabila Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Heidy Arviani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4588

Abstract

Persoalan lingkungan yang selalu menjadi permasalahan global yang serius dan penting adalah masalah sampah. Jumlah sampah yang semakin bertambah, namun tidak diimbangi dengan pengelolaan sampah yang baik dapat menyebabkan dampak yang serius terhadap pencemaran dan perusakan lingkungan. Sehingga diperlukan kerja sama antara pemerintah, LSM dan masyarakat melalui berbagai langkah dalam melakukan pengelolaan sampah. Kertabumi Recycling Center sebagai komunitas dibidang lingkungan memiliki program pengelolaan sampah yang dijalankan dengan praktik kewirausahaan sosial sebagai solusi mengatasi permasalahan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran sosial komunitas Kertabumi Recycling Center Dalam Mengelola Sampah Sebagai Upaya Pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) Tujuan Ke 12 Dan 13. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengelola sampah, Kertabumi Recycling Center telah menjalankan strategi komunikasi pemasaran sosial yang dianalisis melalui enam tahapan. Strategi yang dilakukan mulai dari tahapan target pasar dan segmentasi pasar yang tidak dibatasi, strategi promosi yang digunakan yaitu melalui media sosial Instagram, aktif dalam berbagai komunitas dan bazar, melakukan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang efektif sehingga melalui strategi pemasaran sosial ini mampu mengajak masyarakat untuk mengelola sampah.

Published

2024-06-01

How to Cite

Salsabila, Z. I. ., & Arviani, H. . (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Kertabumi Recycling Center dalam Mengelola Sampah Sebagai Upaya Pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) Tujuan Ke 12 Dan 13. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5618-5624. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4588