Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sejarah Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori Sebagai Sumber Belajar Sejarah

Authors

  • Pebni Sonia Universitas Riau, Indonesia
  • Ahmal Ahmal Universitas Riau, Indonesia
  • Yuliantoro Yuliantoro Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4589

Abstract

Upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada para peserta didik dapat diintegritaskan dengan penerapan pembelajaran sejarah. Salah satunya adalah pembelajaran sejarah indonesia dengan memanfaatkan dan menggunakan novel sejarah sebagai sarana pendidikan karakter. Novel sejarah sendiri merupakan salah satu karya sastra yang kaya akan nilai-nilai moral yang diangkat dari sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada para peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1). Peristiwa sejarah apa saja yang terdapat dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori? (2) nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori? (3). Bagaimana implementasi hasil penelitian dalam novel Laut Bercerita sebagai sumber belajar sejarah?. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peristiwa sejarah dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Laut Bercerita dan implementasinya sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini ialah berupa kata-kata, kalimat, dan juga dialog antar tokoh pada novel Laut Bercerita yang mengandung nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Laut Bercerita memuat peristiwa sejarah dan nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan lima nilai utama menurut Permendikbud No. 20 Tahun 2018, taitu religius, nasionalis, andiri, gotong royong dan integritas.

Published

2024-06-01

How to Cite

Sonia, P. ., Ahmal, A., & Yuliantoro, Y. (2024). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sejarah Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori Sebagai Sumber Belajar Sejarah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5625-5632. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4589