Pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Authors

  • Asep Sopian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hendri Juhana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Izzuddin Mustafa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.459

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang ilmu pengetahuan dalam islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode library research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem pendidikan Islam, kurikulum dikenal dengan istilah ?manhaj? yang berarti ?jalan terang?. Jalan yang harus dilalui oleh para pendidik untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan dan sikap peserta didik., dalam karyanya bahwa Ali Ahmad Madkur ini berbicara tentang salah satu aspek fundamental dalam pendidikan yaitu aspek kurikulum. Untuk membicarakan lebih lanjut tentang kurikulum, penyusun buku ini membicarakan lebih dahulu berbagai landasan teoritis fundamental yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari konsepsi kurikulum. Aspek-aspek tersebut antara lain pemahaman dasar pendidikan, filsafat dan pendikan, teori-teori pendidikan, peranan ilmu dalam pendidikan. Terkait pokok pembahasan yang berhubungan dengan kurikulum, buku dengan judul thabiah ma’rifah al-tashawwur al-islami memberikan gambaran yang komprehensif tentang ilmu pengetahuan dalam pandangan Islam. Sebuah pemahaman yang didasarkan pada pemahaman al-qur’an dan sunnah, lalu pada kajian historis terhadap pemikiran para ulama, kajian tokoh-tokoh muslim yang mempunyai konsentrasi pada pendidikan, serta berbagai penelitian dari para ilmuan yang berkaitan dengan objek pendidikan Islam.

Published

2022-02-10

How to Cite

Sopian, A., Juhana, H., & Mustafa , I. (2022). Pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 580-586. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.459