Analisis Penerapan Strategi Belajar Aktif dalam Mengemukakan Pendekatan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri 192 Pekanbaru

Authors

  • Lois Yosephine Siregar Universitas Riau, Indonesia
  • Munjiatun Munjiatun Universitas Riau, Indonesia
  • Neni Hermita Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4592

Abstract

Analisis penerapan strategi belajar aktif dalam mengemukakan pendapat untuk meningkatkan minat belajar siswa bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan penerapan strategi belajar dalam mengemukakan pendapat untuk meningkatkan minat belajar siswa di sdn 192 Pekanbaru terkhusus siswa kelas 4a serta mendeskripsikan konsep, dan dampak dari penerapan strategi belajar aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar aktif sudah dilakukan dikelas 4a dengan berbagai metode pembelajaran, penerapan strategi belajar aktif dalam mengemukakan pendapat juga memberikan dampak positif bagi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa, analisis penerapan strategi belajar aktif dalam mengemukakan pendapat untuk meningkatkan minat belajar siswa sudah berjalan dengan baik.

Published

2024-06-01

How to Cite

Siregar, L. Y. ., Munjiatun, M., & Hermita, N. . (2024). Analisis Penerapan Strategi Belajar Aktif dalam Mengemukakan Pendekatan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri 192 Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5639-5644. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4592