Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Sarana dan Prasarana, Serta Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Arie M. Dliya’uddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nadia Farah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Hasrul Hasrul Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nur Azhar Amalia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4595

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh kompetensi pedagogik, sarana prasarana dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian yang digunakan yakni 44 siswa kelas VIIIA dan VIIIB SMP Islam Sabilurrosyad. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang menggunakan skala likert. Analisis data dilaksanakan dengan memanfaatkan analisis regresi linier berganda. Hasil pengolahan dan analisis data menginformasikan bahwa nilai Fhitung yaitu 8,443, nilai Ftabel sebesar 2,840, dan signifikansi sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik, sarana dan prasarana, serta lingkungan belajar secara simultan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa SMP Islam Sabilurrosyad. Namun, secara parsial faktor yang paling mempengaruhi motivasi belajar adalah lingkungan belajar. Walaupun kompetensi pedagogik guru sudah bagus, serta sarana dan prasarana sudah memadai, apabila lingkungan belajar kurang mendukung maka motivasi belajar siswa akan menurun.

Published

2024-06-01

How to Cite

Dliya’uddin, A. M. ., Farah, N. ., Hasrul, H., & Amalia, N. A. . (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Sarana dan Prasarana, Serta Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5709-5714. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4595