Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar

Authors

  • Gadis Oktavia Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di kelas IV A SD Negeri 34/I teratai dilakukan melalui beberapa tahapan: 1) Perencanaan, dimulai dengan pembentukan tim fasilitator, identifikasi kesiapan sekolah, penetapan tema dimensi dan alokasi waktu, serta merancang modul yang mengintegrasikan nilai-nilai dimensi bergotong royong secara eksplisit dan implisit. 2) Pelaksanaan, implementasi dimensi bergotong royong pada ketiga elemennya yaitu kolaborasi, kepedulian, dan berbagi diwujudkan melalui pembelajaran kolaboratif yang terintegrasi dalam rangkaian aktivitas projek baik dalam tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi nyata, hingga refleksi. 3) Evaluasi, dilakukan dengan melakukan asesmen dan pelaporan hasil projek untuk melihat perkembangan dimensi bergotong royong peseta didik. Untuk kememudian di evaluasi dan dijadikan bahan refleksi dan rencana tindak lanjut. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dimensi bergotong royong telah dilakukan dengan baik melalui adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya.

Published

2024-07-01

How to Cite

Oktavia, G. ., Yantoro, Y., & Sholeh, M. . (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6207-6216. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4600