Peranan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Sekolah Seni Pertunjukkan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4630Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menjelaskan bagaimana peranan pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifan lokal di Sekolah Seni Pertunjukkan SMK Negeri 8 Surakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui observasi, pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Lokasi penelitian ini berada pada SMK Negeri 8 Surakarta. Hasil dari penelitian adalah pendidikan karakter sudah diterapkan dalam pembelajaran siswa Sekolah Seni Pertunjukkan khususnya SMK N 8 Surakarta yaitu dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Termasuk di dalamnya adalah proses sosialisasi kepada semua elemen yang berkaitan untuk nantinya melakukan implementasi dengan baik, masih adanya penurunan moral terhadap remaja atau siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan dan pendidikan berkarakter harus berjalan secara baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan.