Peranan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Sekolah Seni Pertunjukkan

Authors

  • Shodiq Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sigit Haryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Rita Dwi Nawanti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wahyudi Taufan Santoso Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Djalal Fuadi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menjelaskan bagaimana peranan pendidikan karakter melalui nilai-nilai kearifan lokal di Sekolah Seni Pertunjukkan SMK Negeri 8 Surakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui observasi, pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Lokasi penelitian ini berada pada SMK Negeri 8 Surakarta. Hasil dari penelitian adalah pendidikan karakter sudah diterapkan dalam pembelajaran siswa Sekolah Seni Pertunjukkan khususnya SMK N 8 Surakarta yaitu dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Termasuk di dalamnya adalah proses sosialisasi kepada semua elemen yang berkaitan untuk nantinya melakukan implementasi dengan baik, masih adanya penurunan moral terhadap remaja atau siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan dan pendidikan berkarakter harus berjalan secara baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan.

Published

2024-07-01

How to Cite

Purnomo, S. ., Haryanto, S. ., Nawanti, R. D. ., Santoso, W. T. ., & Fuadi, D. . (2024). Peranan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Sekolah Seni Pertunjukkan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6300-6305. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4630