“Fruit Troduction”: Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Yunita Kabata Universitas Primakara, Indonesia
  • Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa Universitas Primakara, Indonesia
  • Ida Bagus Kresna Sudiatmika Universitas Primakara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dalam memperkenalkan berbagai jenis buah kepada siswa kelas III SD di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Denpasar-Bali. Metode pengembangan Luther-Sutopo digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi augmented reality "FRUIT TRODUCTION" berhasil dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Studio, Unity 3D, dan Vuforia. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui black box sebagai alat untuk menguji aplikasi.

Published

2024-06-04

How to Cite

Kabata, Y. ., Astawa, N. L. P. N. S. P. ., & Sudiatmika, I. B. K. . (2024). “Fruit Troduction”: Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tingkat Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6042-6046. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4677