Pemanfaatan Berbagai Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Perspektif Multimodal Literacy

Authors

  • Muliyani Olvah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhammad Alfan Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Toto Nusantara Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4689

Abstract

Hasil PISA 2022 yang diselenggarakan oleh OECD menunjukkan penurunan skor literasi siswa Indonesia. Salah satu usaha yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa adalah dengan cara menggunakan media pembelajaran berbasis multimoda literacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe analisis konseptual. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori multimoda literacy. Setiap penelitian yang dibahas dianalisis berdasarkan teori tersebut. Multimoda literacy memiliki makna memahami, menginterpretasikan, dan menciptakan makna tentang sesuatu melalui berbagai moda komunikasi. Beragam media pembelajaran seperti digital book, video pembelajaran, multimedia interaktif, infografis, augmented reality, virtual reality, dan media sosial dikembangkan dengan menganut teori multimoda literacy untuk bisa mengakomodasi gaya belajar siswa yang beragam. Dengan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajarannya, membuat minat belajar siswa meningkat dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis multimoda literacy. Beragam penelitian membuktikan adanya peningkatkan kemampuan siswa dalam hal literasi dasar, literasi digital, literasi budaya, literasi sains, kemampuan berpikir kritis, minat belajar, dan hasil belajar siswa.

Published

2024-07-01

How to Cite

Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Pemanfaatan Berbagai Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Perspektif Multimodal Literacy. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6391-6398. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4689