Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Digital Berbantuan Aplikasi Heyzine untuk Pembelajaran IPAS Materi Kayanya Negeriku Kelas 4 SD

Authors

  • Hanim Nafingah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Oktaviani Adhi Suciptaningsih Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4695

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar digital flipbook dengan berbantuan aplikasi heyzine mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian R & D dengan model 4-D Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoamna wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan dengan menghitung persentase hasil dari validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan bahwa guru dan siswa sangat memerlukan bahan ajar interaktif berbantuan heyzine flipbooks. Hasil validasi dari ahli media memperoleh 82,3% dimana dikategorikan sangat layak. Hasil validasi Ahli materi memperoleh nilai 84,5% dengan kategori “sangat layak”. Secara keseluruhan hasil dari uji coba skala kecil mendapatkan nilai rata-rata 92% masuk ke dalam kategori sangat layak.

Published

2024-07-01

How to Cite

Nafingah, H. ., & Suciptaningsih, O. A. . (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Digital Berbantuan Aplikasi Heyzine untuk Pembelajaran IPAS Materi Kayanya Negeriku Kelas 4 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6780-6784. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4695