Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Digital Berbantuan Aplikasi Heyzine untuk Pembelajaran IPAS Materi Kayanya Negeriku Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4695Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar digital flipbook dengan berbantuan aplikasi heyzine mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian R & D dengan model 4-D Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoamna wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan dengan menghitung persentase hasil dari validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan bahwa guru dan siswa sangat memerlukan bahan ajar interaktif berbantuan heyzine flipbooks. Hasil validasi dari ahli media memperoleh 82,3% dimana dikategorikan sangat layak. Hasil validasi Ahli materi memperoleh nilai 84,5% dengan kategori “sangat layak”. Secara keseluruhan hasil dari uji coba skala kecil mendapatkan nilai rata-rata 92% masuk ke dalam kategori sangat layak.