Persepsi Sports Massage terhadap Kinerja dan Pemulihan Atlet Sepakbola Tim Nasional Indonesia Piala Asia Qatar 2024

Authors

  • Muhammad Alpian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, Indonesia
  • Dedi Supriadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, Indonesia
  • Muchamad Ishak Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, Indonesia
  • Akhmad Sobarna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4708

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi sport massage terhadap penampilan dan pemulihan atlet sepak bola timnas Indonesia Piala Asia Qatar 2024. Populasi dan sampel penelitian adalah 22 pemain sepak bola timnas Indonesia Piala Asia Qatar 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebarkan. ke sampel. Teknik analisisnya menggunakan uji analisis korelasi Pearson Correlation. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; hasil perhitungan uji korelasi Pearson Correlation diperoleh nilai sig (2-tailed) persepsi sport massage terhadap penampilan dan pemulihan mempunyai nilai 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Artinya terdapat hubungan antara persepsi sport massage terhadap penampilan dengan kesembuhan. Artinya terdapat hubungan antara persepsi sport massage dengan penampilan dan kesembuhan atlet. Sedangkan derajat kuatnya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dilihat dari nilai Pearson Correlation sebesar 0,962, nilai tersebut berada pada kriteria hubungan yang sangat besar atau sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan positif dari persepsi sport massage terhadap penampilan dan pemulihan atlet sepak bola timnas Indonesia Piala Asia Qatar 2024.

Published

2024-06-01

How to Cite

Alpian, M. ., Supriadi, D. ., Ishak, M. ., & Sobarna, A. . (2024). Persepsi Sports Massage terhadap Kinerja dan Pemulihan Atlet Sepakbola Tim Nasional Indonesia Piala Asia Qatar 2024. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5677-5682. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4708