Analisis Degradasi Moral Remaja Era Digital dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4743Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mendalam mengenai fenomena degradasi moral pada remaja era digital. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan atau disebut dengan penelitian kepustakaan. Adapun, data yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: Pertama, upaya pendidikan Islam untuk mengatasi moral remaja. Dimana, pendidikan Islam diharapkan dapat melahirkan generasi umat Islam yang beriman, berpendidikan, dan berbudi luhur yang siap menjadi agen perubahan di seluruh dunia. Maka ini sangat diperlukan khusunya bagi para pendidik untuk memiliki pengetahuan teknis, pengetahuan praktis, dan pengetahuan kritik. Kedua, strategi mengatasi degradasi moral remaja. Dalam hal ini mencakup tiga aspek yang harus saling berkerjasama dengan baik dalam menyikapi degredasi moral remaja saat ini, yaitu memperoleh pembinaan saat di sekolah, mendapat pembinaan dari keluarga atau orang tua, dan juga adanya lingkungan masyarakat yang mendukung prilaku aktivitas remaja dalam bergaul. Ketiga, adanya pendekatan psikologis pendidikan islam untuk memahami moral remaja. Dimana, dalam pendidikan Islam, penting untuk menemukan dan mengatasi masalah psikologis yang mungkin mempengaruhi perilaku moral remaja. Misalnya, pengajaran yang mengedepankan empati, keteladanan, dan diskusi terbuka dapat membantu remaja memahami nilai moral Islam secara kontekstual dan mendalam.