Analisis Sentimen terhadap Ulasan Aplikasi Ruangguru Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Authors

  • Yahya Aliya Rohim Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Vihi Atina Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Sundari Sundari Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4758

Abstract

Aplikasi Ruangguru telah menjadi salah satu platform edukasi online terpopuler di Indonesia. Untuk memahami persepsi pengguna terhadap aplikasi ini, dilakukan analisis sentimen terhadap ulasan pengguna di Google Play Store menggunakan algoritma Naive Bayes. Data ulasan diklasifikasikan menjadi tiga kategori sentimen: positif, negatif, dan netral. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sentiment pada ulasan aplikasi Ruangguru. Metode pengembangan sistem yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode Agile. Adapun Langkah- langkah yang dilakukan pada metode Agile: Perencanaan, Desain, Implementasi, dan Pengujian. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian: Observasi, Studi Pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas ulasan memiliki sentimen positif (75%), diikuti dengan sentimen netral (20%), dan sentimen negatif (5%). Aspek yang paling disukai pengguna adalah konten pembelajaran yang berkualitas, kemudahan penggunaan aplikasi, dan efektivitas dalam membantu proses belajar. Sedangkan aspek yang paling banyak dikeluhkan adalah harga berlangganan yang mahal, fitur yang terbatas, dan kendala teknis pada aplikasi.

Published

2024-06-02

How to Cite

Rohim, Y. A., Atina, V. ., & Sundari, S. (2024). Analisis Sentimen terhadap Ulasan Aplikasi Ruangguru Menggunakan Algoritma Naive Bayes. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5918-5926. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4758