Urgensi Konseling kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Social Intelligence pada Anak Usia Dini

Authors

  • Laila Maharani UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Reiska Primanisa UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sri Purwanti UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi konseling kelompok teknik modeling untuk meningkatkan social intelligence pada anak usia dini. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan non-intelektual berperan sama penting dalam menunjang kesuksesan individu, kemampuan non-intelektual sangat penting untuk memprediksi kemampuan individu dalam mencapai kesuksesan hidup. Kemampuan intelektual dan non-intelektual sama penting dan saling menunjang, meski keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Tentu yang diharapkan adalah bukan kemampuan salah satunya tetapi keseimbangan antara keduanya. Salah satu kemampuan non-intelektual yang harus dilatih sejak dini adalah kecerdasan sosial (social intelligence). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok pendekatan behavior dengan teknik modeling guna meningkatkan kecerdasan sosial anak usia dini.

Published

2024-06-06

How to Cite

Maharani, L., Primanisa, R. ., & Purwanti, S. . (2024). Urgensi Konseling kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Social Intelligence pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5976-5983. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4826