Peran Koordinasi Guru Kelas dan Guru Pembimbing Khusus dalam Penyusunan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Dira Rosalia Nurkholifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sunardi Sunardi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4860

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana peran koordinasi guru kelas dan guru pembimbing khusus dalam penyusunan program pembelajaran individual (PPI) sebagai upaya mendukung optimalisasi layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan di SDN 138 Gegerkalong Girang, Bandung, dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, di mana sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 6 orang guru pembimbing khusus (GPK) guna mendapatkan data terkait bagaimana penyusunan dan implementasi program pembelajaran individual di sekolah tersebut serta bagaimana pelaksanaan koordinasi antara guru kelas dan guru pembimbing khusus. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa semua anak berkebutuhan khusus mendapatkan program pembelajaran individual yang disusun sesuai kebutuhan setiap individu merujuk pada hasil asesmen. Program pembelajaran individual ini disusun oleh guru pembimbing khusus yang berkoordinasi dengan guru kelas setiap hari pada saat sebelum dan setelah pembelajaran. Adapun hal-hal yang dikoordinasikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi. Dengan demikian, tanpa koordinasi yang baik, guru kelas dan guru pembimbing khusus akan kesulitan dalam merancang program pembelajaran individual secara efektif.

Published

2024-08-01

How to Cite

Nurkholifah, D. R., Sunardi, S., & Susetyo, B. . (2024). Peran Koordinasi Guru Kelas dan Guru Pembimbing Khusus dalam Penyusunan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7739-7744. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4860