Pendidikan Akhlak Anak dalam Kitab Washaya al-Aba' li al-Abna
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4865Abstract
Artikel ini mengkaji krisis akhlak anak di dunia pendidikan yang dipicu oleh efek globalisasi yang kurang seimbang dengan pendidikan akhlak positif. Fokusnya adalah nilai dan konsep pendidikan akhlak anak dalam Kitab Washaya al-Aba’ li al-Abna. Metode studi kepustakaan digunakan dengan pendekatan kualitatif literatur dan analisis isi. Hasilnya mengungkap nilai-nilai seperti rasa syukur, ikhtiar, tawakkal, dan penghargaan terhadap orang tua dan guru. Konsep pendidikan akhlak melibatkan nasehat dan teladan untuk membentuk akhlak baik dalam menuntut ilmu dan berinteraksi sosial. Penelitian ini menekankan pentingnya penanaman, bimbingan, dan pembiasaan akhlak sejak dini untuk memperbaiki krisis akhlak anak dalam pendidikan.