Pengaruh Antara Model Project Based Learning (PjBL) dan Discovery Learning (Dl) terhadap Hasil Belajar Elemen Ukur Tanah Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Teknik Geomatika di SMKN 3 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4889Abstract
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Discovery Learning (DL). Peserta didik dengan model pembelajaran PjBL memiliki nilai rata-rata (mean) lebih tinggi sebesar 78,57 dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model DL yang memiliki nilai rata-rata sebesar 73,41. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi di Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. Peserta didik dengan kemandirian tinggi dan menggunakan pembelajaran PjBL memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,576, sementara peserta didik dengan kemandirian tinggi dan menggunakan pembelajaran DL memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,89. Sebaliknya, peserta didik dengan kemandirian rendah yang menggunakan model PjBL memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,56, dan yang menggunakan model DL memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,93. Penelitian ini juga menemukan adanya interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar peserta didik dalam Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan.