Strategi Kegiatan Gerakan Literasi Siswa dalam Program Kampus Mengajar 4
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4893Abstract
Berfokus pada kegiatan literasi, khususnya Gerakan Literasi Siswa yang merupakan inovasi dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program kerja dari Tim kampus mengajar Angkatan 4 ditugaskan pada SMPN 24 Banjarmasin dengan membuat sistematika tiap siswa membaca setidaknya 5 halaman dalam seminggu dan tugas dikumpulkan pada hari yang telah disepakati di jadwal yang telah ditentukan saat pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung di kelas 7 dan 8. Hasil dari produk GLS nantinya akan menjadi perwakilan Duta Baca SMPN 24 Banjarmasin. Adapun kegiatan lainnya yaitu tersedianya perpustakaan dengan sumber rujukan terlengkap, tim kampus mengajar mendatangkan perpustakaan keliling, dan lomba mading. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari laporan ini dibuat untuk menunjang terciptanya lingkungan literat di lingkungan sekolah.