Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Progresif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK Seni Pertunjukan di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Wahyudi Taufan Santoso Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Aan Yunianto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Indri Chairunissa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4916

Abstract

Kepemimpinan progresif dalam pendidikan sangat penting karena memengaruhi kemajuan siswa, institusi pendidikan, dan masyarakat secara keseluruhan. Tidak hanya mengikuti tren baru, kepemimpinan progresif dalam pendidikan adalah sikap dan tindakan yang berorientasi pada masa depan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kompetitif. Pembuat kebijakan pendidikan harus mempertimbangkan revolusi Industri 4.0 yang sedang terjadi karena akan sangat memengaruhi bagaimana para pemimpin sekolah menjalankan pendidikan mereka. Untuk mencapai peningkatan kualitas pendidik, kepala sekolah di abad ke-21 harus jelas dibekali dengan kepemimpinan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa institusi pendidikan dapat berfungsi sebagai tempat untuk mengembangkan potensi siswa dan membantu mereka mencapai kesuksesan sosial dan pribadi. Analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kepemimpinan pendidikan progresif menekankan penggunaan strategi inovatif, pengembangan, dan pembaharuan.

Published

2024-08-02

How to Cite

Santoso, W. T. ., Yunianto, A. ., Prayitno, H. J. ., & Chairunissa, I. . (2024). Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Progresif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK Seni Pertunjukan di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8001-8011. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4916