Model Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Siswa Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4917Abstract
Siswa berkebutuhan khusus mengalami hambatan atau gangguan yang menjadikan mereka mengalami suatu keterbatasan dan kemungkinan besar tidak mampu mengikuti program pendidikan jasmani secara keseluruhan. Terdapat permasalahan dalam keterampilan gerak lokomotor pada anak tunagrahita kelas 1 di SLBN Purnama Asih seperti ketika berjalan anak sering terlihat berjalan jinjit, anak terlihat dengan berjalan dengan langkah kaki yang lebar. Saat Pelajaran olahraga, setiap ada latihan lari anak selalu bertabrakan karena kurang mampu untuk berjalan dan berlari lurus dan sulit untuk berhenti. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan preeksperimental “one-group pretest-posttest design”. Data yang sudah masuk akan diolah menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Model halang rintang merupakan salah satu model pembelajaran gerak dasar non lokomotor yang digunakan untuk meningkatkan gerak lokomotor pada anak tunagrahita.