Pengaruh Media E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan pada Materi Manajemen Operasional Kampung Keluarga Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4926Abstract
Menulis laporan pada kegiatan akhir kegiatan yang dilaksanakan oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) di lini lapangan merupakan suatu yang penting untuk dilakukan. Penulisan laporan dianggap suatu hal yang remeh, sehingga banyak Penyuluh KB yang mengerjakannya hanya sebatas pelengkap administrasi saja, tanpa memperhatikan aturan dan kelengkapan penulisan laporan yang baik dan benar. Rendahnya kualitas penulisan laporan yang dilakukan oleh Penyuluh KB selama ini berdampak terhadap salah satu program bangga kencana, yakni Kampung Keluarga Berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan peserta dalam menulis laporan setelah menggunakan media E-Modul pada materi manajemen operasional kampung keluarga berkualitas di Perwakilan BKKBN Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan diambil dari nilai hasil penulisan laporan. Jumlah sample pada penelitian ini sebesar 30 peserta pelatihan. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis laporan setelah menggunakan media E-Modul. Penggunaan E-Modul memberikan fleksibilitas bagi peserta pelatihan sehingga proses pembelajaran dan penulisan laporan dapat dikerjakan sesuai dengan preferensi waktu peserta pelatihan.