Manajemen Kelas Industri dan Industri Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMK Wiraswasta dan SMK PGRI 3 Kota Cimahi)

Authors

  • Andi Garnadi Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Helmawati Helmawati Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Ricky Yoseptry Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa: 1) Aspek-aspek perencanaan   sudah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan SMK yang bersangkutan, 2) Program-program dalam pelaksanaan kerjasama sudah masuk kriteria, 3) Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai cara evaluasi, siswa lulus mendapatkan sertifikat kompetensi keahlian, dan layak didistribusikan untuk bekerja di IDUKA melalui Bursa Kerja Khusus SMK, 4) Masalah yang dihadapi adalah ketidaksiapan siswa untuk terjun ke IDUKA, kurangnya kompetensi siswa dalam bidang produktif, tidak seriusnya IDUKA, kurangnya dana untuk program peningkatan mutu pembelajaran, sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan IDUKA, serta biaya untuk guru tamu,  Upaya yang dilakukan untuk menghadapi masalah adalah meningkatkan kompetensi guru, kerjasama saling menguntungkan dan membangun kepercayaan dengan IDUKA, mencari donatur dari IDUKA. Kesimpulan penelitian ini bahwa Manajemen kelas industri SMK dan IDUKA di dalam meningkatkan kompetensi siswa, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan standar operasional prosedur maajemen kelas industri, dalam pelaksanaannya sangat mendukung peningkatan kompetensi siswa walaupun masih belum optimal karena terbatasnya dukungan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Kebutuhan membangun dan meningkatkan kerjasama dengan IDUKA sebagai kebutuhan mutlak bagi sekolah menengah kejuruan dalam meningkatkan kompetensi siswa.

Published

2022-04-02

How to Cite

Garnadi, A., Helmawati, H., & Yoseptry, R. (2022). Manajemen Kelas Industri dan Industri Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMK Wiraswasta dan SMK PGRI 3 Kota Cimahi). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1047-1058. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496