1 PENGARUH TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMP NEGERI 1 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

1. Lasmini, 2. Abdillah, 3. Wahyudin

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Permasalahan pembelajaran TIK di SMP Negeri 1 Hu’u yaitu terlihat siswa tidak tertarik pada mata pelajaran TIK karena menganggap sulit dihafalkan, tidak percaya diri, takut untuk mengemukakan pendapat dan cenderung tidak aktif. Ketidak aktifan siswa berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Permasalahan pembelajaran TIK tersebut dapat diminimalkan dengan adanya teknik pembelajaran yang bervariasi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menigkatkan hasil belajar adalah dengan teknik Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik Talking stick terhadap hasil belajar TIK pada siswa SMP Negeri 1 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Hu’u dengan sampel 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui berupa tes hasil belajar dan teknik dokumentasi keterlaksanaan rencana pembelajaran. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan Uji-t pada hasil belajar diperoleh thitung = 4,725 ? t-tabel = 1,677 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik talking stcik berpengaruh terhadap hasil belajar TIK pada siswa SMP Negeri 1 Hu’u tahun pembelajaran 2019/2020 sehingga hipotesis yang di gunakan diterima.

Published

2019-09-13

How to Cite

JIIP, R. (2019). 1 PENGARUH TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMP NEGERI 1 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Lasmini, 2. Abdillah, 3. Wahyudin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 238-244. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/49