Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kondisi Minat Baca Siswa SD Negeri Purut

Authors

  • Yulia Rahmah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Farid Rizqi Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deni Wardana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5006

Abstract

Minat baca sangatlah penting untuk dimiliki para siswa sekolah dasar karena hal itu berhubungan dengan kemampuan siswa dalam membaca dan mengolah wawasan mereka. Tentunya hal ini menjadi tugas para pendidik untuk membangun minat baca melalu berbagai cara, salah satunya dnegan mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah di sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana mengimplementasikan gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SD Negeri Purut. Peneliti juga ingin mengetahui apakah minat baca siswa di sekolah ini dapat tumbuh seiring diselenggarakannya program yang ada pada Gerakan Literasi Sekolah di sekolah dan juga mendeskripsikan hasil dari penerapan program GLS pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru, peserta didik, serta warga sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi untuk pengumpulan data dalam pelaksanaan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah. Dalam kesimpulannya sekolah telah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah diatur dalam panduan pelaksanaan GLS. Selain itu, kondisi minat baca siswa juga terpengaruhi setelah diselenggarakannya program-program yang dibuat pada pelaksanaan GLS ini.

Published

2024-08-05

How to Cite

Rahmah, Y. ., Maulana, F. R. ., & Wardana, D. . (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kondisi Minat Baca Siswa SD Negeri Purut. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8480-8486. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5006