Fenomena Filter Bubble di X dalam Membangun Partisipasi Politik Gen-Z Saat Periode Kampanye Pilpres 2024

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5026

Abstract

Pilpres 2024 didominasi oleh pemilih dari generasi muda, salah satunya Gen-Z. Gen-Z cenderung sering mendapat informasi terbaru dari media sosial yang memberi kemudahan dalam berinteraksi. X sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia turut menyumbang terbentuknya Filter Bubble. Pada konteks Pilpres, Filter Bubble dapat memperkuat keyakinan seseorang terhadap paslon yang dipilihnya karena akses informasi tentang paslon lain dibatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan partisipasi politik Gen-Z pada masa Kampanye Pilpres 2024 dengan adanya fenomena Filter Bubble di X. Bentuk partisipasi politik yang dianalisis yaitu voting, kampanye, aktivitas komunal, lobbying, serta protes. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Gen-Z yang sudah memiliki hak pilih dan aktif menggunakan X saat Kampanye Pilpres 2024, sedangkan objeknya yaitu Filter Bubble di media sosial X. Hasil penelitian menunjukkan Filter Bubble di media sosial X dapat mendorong Gen-Z untuk melakukan tiga dari lima bentuk partisipasi politik. Penelitian ini berkaitan dengan Teori Ekologi Media yang menghubungkan relasi antara manusia dengan tekonologi.

Published

2024-09-02

How to Cite

Fenomena Filter Bubble di X dalam Membangun Partisipasi Politik Gen-Z Saat Periode Kampanye Pilpres 2024. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9787-9793. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5026