Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5030Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Surabaya pada Kegiatan Pembelajaran Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat dalam penerapannya, yang dilatarbelakangi oleh kurangnya persiapan dari peserta didik maupun guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif diterapkan pada penelitian ini dengan pendekatan fenomenologis untuk menganalisis lebih dalam mengenai kejadian yang dialami oleh seseorang. Informan dari penelitian ini yaitu Staff Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, guru Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dan peserta didik Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada pelaksanaan pembelajaran Akuntansi dan Keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya secara umum telah berjalan mengikuti tahapan dan konsep dari Kurikulum Merdeka. Perencanaan telah dilaksanakan dengan menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Pelaksanaan dilaksanakan dengan model PBL dan PJBL serta diferensiasi, namun diferensiasi dan student center belum diterapkan secara penuh. Asesmen yang dilaksanakan adalah formatif dan sumatif, asesmen diagnostik belum diteapkan oleh guru. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Akuntansi dan Keuangan Lembaga dipicu oleh beberapa faktor, yaitu sarana dan prasarana sekolah, fasilitas pelatihan kurikulum merdeka, adanya guru penggerak sebagai pendukung guru, kerjasama sekolah dengan DUDI, hingga sulitnya penerapan student center dan diferensiasi.